(Sok-Sok) Review Melancholy Is A Movement

Kemaren, gue pergi ke TSM sendirian untuk nonton filmnya Djoko Anwar, Melancholy Is A Movement. Sebenernya rencana sebenarnya adalah kemaren lusa, karna nggak jadi kerja kelompok kaan, terus juga gue penasaran sama film ini, tapi nggak jadi karena tanpa alasan yang jelas gue malah menjalankan motor gue kearah rumah. emang koplak sih.
 Terus akhirnya kemaren diniatin, jam sembilan berangkat dari rumah, terus ke DU (Dipati Ukur) dulu, mau beli kartu modem. perlu banget ini diceritain seriusan. abis itu karena masih jam 10, gue review tulisan dulu tuh di Yogya Express sebelahnya BIP. DAN TAU NGGAK?! Gue kan beli kayak semacam pudding gitu kan, terus pas dibuka................... si FLANYA NGGAK ENCER. KENTEL ABIS. KAN AGAK GIMANA GITU YA.
Gue agak kaget tuh disitu, karena masalah si fla ini. karena nggak tega liatnya, akhirnya gue simpen flanya, nggak dicampurin karna beneran yang kentel gitu ugh. 
Terus abis review tulisan yang makin ancur, gue pergi ke TSM jam sebelasan kalo nggak salah. DAN AGAK GERIMIS. kayaknya beneran perjuangan banget untuk nonton film ini nih.

Nah, karna gue nggak ada duit cash jadinya ngambil duit dulu kan. ini udah bener-bener diniatin banget nonton film ini tuh. Abis gitu gue nyampe kan terus parkir. yang selalu gue bingung ketika gue ada di TSM adalah, jalannya yang horor, kalo parkiran tuh kan biasanya tertata gitu kan. ya ini juga tertata sih, cuma kalo nggak hati-hati bisa aja tiba-tiba ada mobil belok mau keluar. KAN HOROR.
abis gitu gue suka bingung ini kalo dari parkiran masuknya lewat mana. sampe sekarang, kalo kesana gue suka bingung. tamat.

Nah, nggak ada firasat apa-apa tuh. abis gitu gue langsung ke XXI kan karena udah jam setengah duabelasan. sempet nanya sama mbak-mbak yang suka mejeng depan restoran karena nggak tau letaknya dimana.

Kasiannya, pas gue menghampiri si mbaknya, dia tuh langsung siapin catetan sama buku menu gitu. Kasihan beneran kasihan gue. 
Mbak mbaknya bilang, "Silakan." terus gue senyum, "Mbak, kalo bioskop dimana ya?" DIA CENGO ABIS MUKANYA CENGO BENERAN YANG HAH-INI-ANAK-KOPLAK-BANGET. HAHAHAHA
"Bioskop?" gue ngangguk, "Oh, di lantai tiga, dari sini naik eskalator sebelah sana." HAHAHAHAHAHA
Terus gue ngangguk aja terus ngeloyor sambil bilang makasih.

Singkatnya, sampe disana gue langsung pesen kan, pas liat seatnya, masih pada kosong, cuma baru keisi satu dan dua sama gue. gue tetep mikir positif sih, karena masih ada sisa waktu, barangkali bisa nambah kan.
Gue pilih seat F6, kedapetan di studio 6. EH BENTAR DEH.
F= huruf ke 6, seat nomor 6, studio 6. 
HUAAA JENG JENG JENG!!

Masih ada waktu setengah jam kalo nggak salah, gue nunggu di depan pintu keluar, karena ada bangku disana, terus mojok. gue keluarin laptop lagi terus berusaha benerin si tulisan kampret ini. 

sampe akhirnya masuk, gue kira udah agak penuh nih si seatnya, TERNYATA SAMPE FILM KEPUTER GUE SENDIRI YANG NONTON.
KAMPRET. BENERAN GUE SENDIRI, SAMA TAS SIH. DAN GUE INI TAKUT GELAP!
Selama iklan, gue berharap supaya nggak ada iklan film horror. beneran berdoa sepanjang iklan tuh beneran.

TERUS BEBERAPA MENIT SETELAH FILM DIPUTAR GUE MASIH CELINGAK-CELINGUK KARNA NGGAK ADA YANG MASUK LAGI SELAIN SI MBAK-MBAKNYA.

Yaudah, akhirnya di studio yang dingin itu, gue duduk sendirian, ngangkat kaki karna takut ada sesuatu........ HAHAHAHA

Film ini, awalnya rada bingung, karena Djokonya yang diem aja, terus matanya kosong, terus abis gitu malem-malem dia kayak nggak sadar gitu jalan-jalan kemana-mana, bersihin lantai, dkk.
Pertamanya gue bingung ini kenapa kan, gue masih nebak-nebak ini alurnya maju apa mundur apa maju mundur cantik gue nggak tau.

Terus ada scene dimana Djoko Anwar lagi kayak ngegali tanah gitu sama siapa gue lupa namanya, yang bikin gue ganjal disini adalah kemunculan mobil CRV plat nomor B 1924 SSJ. Pas muncul pertama nggak aneh sih. 

INTINYA BENERAN GUE BINGUNG SAMA FILM INI. BINGUNG BANGET HAYATI BINGUNG.

Nah abis gitu pas mau akhir-akhir tuh ada scene dua cowok lagi berantem di mobil, gue pikir mereka gay. tapi nggak tau sih nggak penting juga.
nah disini yang bikin gue aneh lagi adalah kemunculan si mobil CRV yang plat nomornya sama. Gue kira, disana si tukang nyetir bakal nyamperin Djoko dan bawa beliau pulang. tapi ternyata nggak. MEREKA NGGAK SALING KENAL.

Mobil itu mogok di depan Djoko Anwar yang lagi jalan tanpa arah gitu, Terus salah satu dari dua cowok itu bilang, "Kan perjanjiannya lo bisa pake mobil gue tapi diservice. lo belom service kan? kan gue bilang di KM 10.000 gue yang service, selanjutnya lo."
ANEH NGGAK? BERARTI MOBIL ITU BARU DONG?

Terus si cowok satunya minta tolong Djoko buat nyetirin karena dari dua cowok itu nggak ada yang mau dorong. jadi biar adil minta orang ketiga buat nyetirin mobil.

Nah, langsung di akhir film tuh ada Fachri Albar nanya, "Yang masih gue bingungin adalah kenapa part gue sedikit banget." Padahal dia setau gue nggak ikut masuk ke film religi yang ceritanya digarap Djoko Anwar di film ini.
abis gitu, ada cewek bilang, apa ya gue lupa, intinya kenapa Djoko dan satu temannya lagi mengubur hidup-hidup si Renata (Ceweknya Fachri Albar)
Aneh nggak?
Berasa film dalam film. 
Terus bapak-bapak yang diketahui adalah pemilik kontrakan dari kantor Djoko Anwar bilang, "Karena kita kekurangan dana."

ANEH NGGAK LO?

Mungkin kalo diceritain dari awal bakal banyak keanehan, tapi gue males, jadi gue ceritain poin-poinnya aja disini HAHAHAHA.

Kalo gue urutin pake cerita gue, sepertinya akan begini:
1. Djoko Anwar di film ini tetap berperan sebagai seorang sutradara.
2. Terus ada satu kejadian dimana semua merubah beliau jadi kayak kehilangan jiwa, seperti membunuh orang atau mengubur si Renata ini.
3. Setelah itu, beliau ini kayak hiatus sementara karena sesuatu yang pernah dia lakukan di masa lalu.
4. Terus karna ada desakan ekonomi, terus ada tawaran projek religi, jadinya terpaksa dia ambil. karna kan seperti yang kita tahu film-film Djoko Anwar tuh setau gue nggak ada yang bertemakan religi.
5. Terus filmnya tayang, terus gue bingung.

GUE BINGUNG
GUE BINGUNG
GUE BINGUNG

6. Terus setelah itu rasa kosong itu masih menyelimuti diri sutradara gembul ini, sampe akhirnya mobil itu dateng lagi. mobil yang ia gunakan untuk mengubur hidup-hidup Renata. 
7. ..................................................

Isilah titik-titik diatas sesuai otak anda menangkap maksud film ini.
ASLI SAMPE SEKARANG GUE MASIH MUTER-MUTER AJA GITU.

TAMAT!



Komentar

Postingan Populer