(Sok-Sok-lagi-) Review Filosofi Kopi

Gue baru saja nyampe rumah setelah nonton film Filosofi Kopi di BIP. Baru aja.
Sebenarnya rencananya gue mau nonton di Festival Citylink sih, karna deket dari rumah. tinggal lurus doang. terus karena memang kesananya masih terlalu pagi (JAM 10 FYI) akhirnya gue nggak jadi disana. haha, sekalian bunuh waktu kan ceritanya, jadi dari sana gue langsung cus ke BIP. nyampe sana jam 11. nggak nyangka bakal secepet itu, perkiraan gue tuh nyampe sana jam setengah 12. Ketawa dong.



Nah, abis gitu, ternyata gue ke XXI tuh udah pada ngantri. entah ngantri apaan, setau gue nggak ada premier hari ini. Oh ya, sebenernya gue tuh agak trauma gitu, takut nonton sendiri lagi kayak melancholy is a movement waktu itu. IYA. TAKUT CUMA NONTON SENDIRI DOANG.

Singkat cerita, beli tiket lah gue. asal milih tempat duduk penting keliatannya nyaman. Disitu masih jam setengah 12. yaudah, gue diem dulu trus nggak sengaja liat-liat tiketnya. dan gue kaget.
ternyata....
ternyata..
ternyata.
ternyat
ternya
terny
tern
ter
te
e
t
ternyata tempat duduk gue di F6 lagi. F6 LAGI! ADA APA DENGAN F6?
Nggak penting sebenernya. cuma biar panjang aja postingannya.

Nggak berapa lama, gue masuk tuh ke studio 3.
dan gue tuh, kalo nonton, pasti selalu sebelahan atau depan belakangan sama orang-orang ngeselin. dulu, pas nonton mockingjay sama insurgent, belakang gue kakinya nggak bisa diem jeduk-jedukin kakinya ke bangku gue. KAN KAMPRET.
Terus, hari ini, gue dihadapkan lagi pada sebuah kenyataan kalau sebelah gue itu sangat menyebalkan. sebelah gue tuh cewek berdua, duduk kan, pas film udah mulai, mereka bukannya diem malah ngobrol makin keras. MAKIN KERAS.
Cewek 1: 'ini kayak apa sih filmnya?'
Cewek 2: 'nggak tau, aku juga penasaran. rame banget di instagram.'
OH GOD. Jaman sekarang tuh semua yang dilakuin kayaknya dilandasi dengan supaya-nggak-kudet. keak duh plis mbak'e, jangan diterusin deh plis.
Gue nggak suka banget tuh yang kayak gitu, nggak punya pendirian banget. keak apa-apa ikutin jaman, biar nggak dibilang kudet, biar dibilang orang yang update. Gue nggak suka deh beneran. Keak, plis liat karya tuh bukan karna biar gaul doang, mbak. AH KESEL. UDAH BERISIK, NONTON CUMA KARNA ALASAN CETEK KAYAK GITU KAN KESEL.
Terus, mereka nggak berhenti ngobrol kan, pas ada temen ceweknya si Jodi(Rio Dewanto) muncul kan di awal, mereka langsung riweuh pas liat siluetnya.
Cewek 2: Nah! itu Julie Estelle!
Cewek 1: Ih, bukan ternyata.
NYED. NYED. NYED. MEREKA BAHKAN NGGAK TAU SINOPSISNYA.
bukan apa-apa sih, bagi gue sinopsis itu penting. kayak first impression. lo kalo liat orang dari first impressionnya udah menarik, pasti pengen kenal lebih dalem kan?
Nah film pun macam gitu, lo harus tau sinopsisnya apa kalau lo ingin memutuskan apakah film ini akan rame atau nggak.
Plis, jangan karna karya ini booming terus lo pengen nonton karna ikut-ikutan doang. Jangan. karna akan semakin terlihat bodoh.
Abis itu, MEREKA NGOBROL AJA SEPANJANG FILM DIPUTER.
KAN KAMPRET.
TERUS NGOCOK-NGOCOK POP CORN YANG DIBUNGKUS KARDUS GITU ANJIR GEDEK BANGET GUE SUMPAH. TAU NGGAK SIH BERISIKNYA KEAK APA HAH.
TERUS YANG DI SEBELAH GUE TUH KAKINYA NGGAK BISA DIEM.
DIANGKAT ABIS ITU DIKEBAWAHIN LAGI.
MENDING KALO KURUS.
LAH INI GEDE, GERAK DIKIT BANGKU GUE IKUT GERAK.
KESEL NGGAK LO.

Kadang beneran kesel sampe ubun-ubun kalo di bioskop ada orang-orang macam itu. gue beneran sampe yang terganggu karna obrolan mereka yang kayak gitu doang gitu ngerti nggak sih?
Terus, pas Ben (Chico Jericho) mengunjungi makam ayahnya Jodi, dua cewek ini makin berisik,
Cewek 1: Lho kok bapaknya Ben kristen?
Cewek 2: Eh iya, padahal waktu itu ibunya pamit ngaji.
Cewek 1: Ih bingung.
MAKANNYA JANGAN NGOBROL MULU MBAK.

KESEL GUE KESEL.

Terus ya gitu, sampe akhir nggak pernah berhenti ngobrol, benerin kaki, dan ngocok-ngocok pop corn kampret itu.

Sekarang, review.

Pas liat trailernya sih gue udah tertarik banget, terlebih karna ini adaptasi dari novel Dee Lestari. Niat gue nonton ini tuh sebenernya itu. karna adaptasi novel dee lestari.
Pas liat judulnya pun, gue langsung teringat sama Dee Lestari.


Seperti yang kita tahu sendiri kalo film ini bercerita tentang sebuah persahabatan antara dua cowok keren (Ben-Jodi) yang sudah terjalin selama 18 tahun.
dua sahabat ini mendirikan sebuah kedai kopi di ruko bekas toko kelontong punya bapaknya Jodi yang udah meninggal.
Nah, bapaknya Jodi ini ninggalin hutang sebesar 800 juta yang otomatis jadi tanggungannya Jodi kan. dan kedai bernama 'Filosofi Kopi' itu nggak mungkin menghasilkan income sebesar itu.
Intinya berbagai cara Jodi lakukan supaya si hutang itu lunas.
terus, suatu hari ada pengusaha gitu kan, ngasih tantangan ke Ben untuk buat kopi yang paling enak se-Jakarta.
Terus karna Jodi ini pelit, dia nggak pernah mau beli bahan baku yang mahal-mahal, dia pengennya dapet banyak dengan modal yang sedikit.
Tapi Ben nggak seperti itu, dia nggak pernah bercanda soal kopi, bagi dia kopi istimewa itu diolah dari bahan baku yang bagus.
ya intinya soal ini, mereka bener-bener bertolak belakang.

Singkat cerita, Ben berhasil bikin kopi yang katanya ter-enak, dinamai 'Ben Perfecto'. Sejauh ini, kedainya laku berat karena kehadiran Ben Perfecto. sampai suatu hari, dateng seorang blogger yang rela keliling dunia untuk mencicipi dan mencari kopi paling enak yang pernah dia minum, namanya El.

Jodi-juga Ben- yakin banget kalo kopi perfecto ini enak, terus El disuruh coba, dan yang mencengangkan disini adalah komentar El yang cuma, "Hm. not bad."
Ya mereka kaget dong gila.
Terus El akhirnya ngasih tau masih ada kopi yang lebih enak dari perfecto. yaitu Kopi Tiwus, adanya di warung kopi pinggir hamparan kebun teh milik Pak Seno. beliau adalah pemilik Kopi Tiwus ini.

Ben agak nggak terima gitu, masa semua kerja keras dia selama dua minggu dikalahkan oleh seorang yang cuma petani kopi kampung?
Jodi penasaran tuh, kayak gimana rasanya Kopi Tiwus ini. akhirnya dia ngajak Ben buat kesana. tapi Ben berulang kali nolak, berulang kali bilang kalo dia nggak mau, kalo dia ternyata punya trauma. nggak jelas sih trauma kayak apa.
Sampe akhirnya salah satu karyawan Filosofi Kopi kena musibah, suaminya kecelakaan. terus kata dokter ada kemungkinan harus operasi. masalahnya, cewek ini (Gue lupa namanya) nggak punya banyak duit, suaminya juga nggak punya duit. satu-satunya yang bisa digantungkan harapan oleh mereka adalah Jodi dan Ben. karena mereka kan bos dia, jadi agaknya nggak etis kalo nggak bantu sama sekali.
Akhirnya, di dalam mobil yang terparkir di halaman Rumah Sakit, Ben bilang kalo dia mau ikut Jodi nyamperin Pak Seno.
Ya walaupun dia nggak suka dan karna nggak ada pilihan lain selain memenangkan tantangan dari seorang pengusaha itu kan.
Nyampe sana, Ben beneran yang, "Ini nggak mungkin cuma gini aja. nggak mungkin nggak ada rahasia, gimana cara perebusannya? kelembapan tanahnya? kemiringan tanahnya?" kayak gitu-gitu. ya iya dia nggak percaya kalau seorang petani biasa bisa buat secangkir kopi yang enak.
Sedangkan dia harus belajar kemana-mana dulu untuk benar-benar memahami kopi sepenuhnya.

abis dari sana, Jodi beneran pengen bawa itu kopi ke Jakarta, buat dijual di kedai mereka. tapi Ben nggak setuju, "Kalau gitu yang dapet satu milyar nanti Pak Seno, dong." Katanya.
Disini mungkin Ben merasa memang itu bukan haknya dia untuk dapet duit satu milyar kalau itu nggak benar-benar dari tangan dia. bener sih, kita nggak bisa gitu aja mengklaim punya orang untuk kepentingan kita. kasian si empunya asli. ya pokoknya gitu, Ben nggak suka kalau itu nggak dari tangannya sendiri. gitu sih kalo menurut gue.
Terus disitu Ben sama Jodi berantem. bawa-bawa kepunyaan, keak, "Kalo nggak karna gue, lo nggak bakal jadi gini." dan lain-lain.


Tapi Ben sadar dia nggak bisa gitu aja keukeuh dengan argumen dia dong, dia sadar kalo dia nggak boleh egois untuk sekarang. Dia akhirnya ngalah, dan ngebiarin Jodi untuk bawa satu karung biji kopi dari Pak Seno.

Terus singkat cerita mereka menang tantangan dan dapet satu milyar. tapi, Ben bilang itu adalah terakhir kali dia meracik kopi, dia mau pensiun intinya.

Kalo dari sudut pandang gue sih, Ben keak..... kehilangan? ngerti nggak sih rasanya ketika kita nggak bisa dapet sesuatu yang kita rencanain? dia nggak bisa mengklaim kalau kopi perfecto enak karna ada yang lebih dari dia. dia kehilangan sense. gimana ya? ngerti nggak ketika lo seakan tertekan karna ternyata karya lo nggak sebaik yang lo pikir? kaget, stress, hilang sense. gitu deh.

Akhirnya Ben memutuskan untuk kembali ke kampung dan ketemu bapaknya. disini gue agak dikagetkan dengan bapaknya Ben yang ternyata masih hidup.

Selama Ben pergi, Jodi jelas kehilangan sahabat terbaiknya itu, ada scene dimana Jodi nonton rekaman gila mereka waktu Ben bikin kopi. ya pokoknya flashback lah.
Emang gitu ya, manusia akan ingat memori dari sesuatu kalo sesuatu itu udah hilang. manusia akan flashback kalo dia kehilangan sesuatu.

Terus abis gitu, El dateng, mau pamitan, terus dia minta dibikinin kopi tiwus sama barista yang lain. "Ini beneran kopi tiwus?" Tanya El. katanya, rasanya beda, nggak kayak bikinan Pak Seno. terus Jodi akan satu hal yang ia sesalkan dari perginya Ben.

Jodi akhirnya nyusulin Ben ke kampungnya dia, ngajak Ben untuk kembali ke Jakarta dan membangun Filosofi Kopi lagi. Ben nggak mau, karna dia udah terlalu betah disana. Kalo menurut gue sih, bukan betah, lebih ke ingin nebus rasa salah karena udah lama banget ninggalin bapaknya sendirian. jadi dia akan mengabdi disana untuk membayar kesalahan dia ke bapaknya di masa lalu karna telah pergi.

Terus Jodi nggak bisa maksa, akhirnya dia pulang dengan tangan kosong. terus di sudut pandang Ben, bapaknya ngikhlasin anaknya ke Jakarta lagi. "Kalau kamu suka kopi, kejar. disini sudah nggak ada kopi. adanya sayuran. bapak nggak apa-apa disini sendiri, yang penting kamu sudah tahu kalau ada tempat untuk kamu pulang." kira-kira seperti itu kata bapaknya.

Ben akhirnya memutuskan untuk kembali ke Jakarta. terus ternyata kedainya udah kejual, di belakangnya muncul minibus gitu tulisannya Filosofi Kopi segede gaban. Ya intinya, endingnya happily ever after deh.

Ummmmmm
Gue suka ceritanya, selama film diputar, kepala gue nggak habis oleh pertanyaan-pertanyaan seputar Dee Lestari. kenapa pengetahuannya begitu luas? berapa banyak buku yang dia baca? Berapa banyak bidang yang dia tahu?
Kalau diperhatikan, Dee selalu membawa satu tema di tiap novelnya, dan temanya tuh bukan tema yang biasa-biasa aja. keak tema yang beneran harus mikir alurnya macem gimana lagi, masalahnya apa lagi, kayak gitu. dan Mbokde Dee ini berhasil membawa semua itu dengan sukses. membagi ilmunya sukses banget.

Untuk filmnya, gue beneran suka sama akting Chico Jericho disini, natural banget, suka, suka, suka, suka, suka, banget. Pas aja gitu perannya beneran pas, nggak maksa. biasanya nggak sedikit peran yang nggak masuk karena pemerannya yang nggak cocok. tapi ini cocok, beneran cocok.


Persahabatan antara Ben dan Jodi juga natural banget, nggak berlebihan, nggak kurang juga. chemistry-nya juga dapet banget. beneran yang nyata gitu. ah suka!



Tapi kalo buat gue sendiri ada beberapa alur yang udah ketebak ntar kayak apa. Terus beberapa kali sponsornya berkali-kali dimunculin, Tora Bika beberapa kali muncul, tapi nggak ganggu kok, malah terkesan itu bukan iklan.
Terus ada beberapa kali merk Lenovo muncul. ini lebih natural banget nih munculnya. kayak nggak bikin mata ganggu sih.

YA POKOKNYA GUE SUKA.
CERITANYA RINGAN.
TAPI STYLENYA TETEP STYLE DEE LESTARI.
SUKA!
KECUALI DUA ORANG MBAK-MBAK DISAMPING KANAN GUE.
TRIMS.

Komentar

Postingan Populer